BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 23 Februari 2010

Misteri Kotak Pandora

Salah satu legenda yang dipercaya oleh orang Bumi dan masih menyimpan misteri. Kotak Pandora dipercaya sebagai pembawa bencana bila dibuka. Tapi sebenarnya apa sih yang ada didalamnya? Apa yang berada di dalam kotak sekecil itu dan kemudian menyebar terus-menerus hingga ke seluruh sudut dunia?

Misteri KOTAK PANDORA....

Pandora sendiri adalah seorang wanita pertama yang diciptakan oleh Hephaestus karena permintaan dari dewa Zeus. Hephateus masih memiliki hubungan darah dengan Zeus dan Hera. Kelahiran Pandora jelas bukan kelahiran wanita biasa, menurut mitologi Yunani, dia dianugrahi banyak sekali dari para dewa-dewi lain. Seperti Aphrodite, dewi kecantikan, memberinya “sedikit” kecantikannya. Kemudian Hera yang memberinya rasa ingin tahu, juga Athena, memberinya pelajaran tentang ketangkasan–perlu dicatat Athena-lah yang menghembuskan sebuah ruh ke raga Pandora. Dan tentu masih ada campur tangan dewa-dewi yg lainnya: Appolo, Horae, Hermes dan Poseidon. Termasuk Zeus dan Demeter yang mengajarinya dimana merawat taman agar tetap indah.

Pandora dikirim ke Bumi dalam misi mengembalikan berkah cahaya pengetahuan yang dicuri oleh Prometheus, saudara Epimetheus, suami Pandora, dari puncak gunung Olympus yang di kemudian hari diberikan pada manusia. Zeus membekalinya dengan sebuah kotak sambil berpesan jangan pernah membukanya.

Mungkin karena Zeus lupa memberitau apa yang harus dilakukan dengan kotak itu, atau paling tidak menyuruhnya memberikannya pada salah satu dari ke-2 bersaudara itu. Bisa dilihat dari sini sebuah fakta tersirat kalau Zeus membenci ke-2 saudara itu. Tapi karena rasa keingintahuan, pemberian dari Hera, dia jadi penasaran dengan kotak kecil yang dipercayakan kepadanya.

” Ah, cuma ngintip sedikit doank!”mungkin begitulah kata batin Pandora. Dan begitu kotak dibuka. Segala macam bentuk keburukan–kesedihan, seperti para Dementor yang menghirup banyak sekali kebahagiaan. Dan sejak saat itulah orang” Bumi mengenal kata” baru; kriminalitas, penyakit, wabah.

Namun meski berisi penuh dengan hal jelek, ternyata mesih ada hal baik yang ditemukan di dalamnya. Bentuknya kecil dan berada di dasar kotak. Itulah harapan. Yang membuat manusia di bumi bisa bertahan hidup hingga saat ini. Seperti kata pepatah bumi, selama masih ada harapan banyak jalan yang membentang. Jadi jangan ragu dalam melakukan hal yang menurut kita benar–manusia dibekali otak untuk membedakan mana yang baik dan buruk bukan?

Nama Pandora juga pernah muncul dalam film yang diadaptasi dari game, Tomb Raider: the craddle of life. Dimana tersimpan di dalam bawah tanah benua hitam. Kotak pandora itu sama sekali tidak pernah dibuka dan memang sebagai orang manusia mestinya harus tau Dunia sudah cukup buruk tanpa harus ditambahi keburukan lagi.

Oleh:

Ong, Faustina Chandra 9E/23

0 komentar: